Selasa, 08 Desember 2015

laporan KALSI

BAB I PEDAHULUAN
1.1              Latar belakang
PT. Eternit Gresik didirikan pada tahun 1971 dan mulai broperasi pada tahun 1973. Keahlian, sistem pengembangan mutu, dan penglaman PT. Eternik Gresik selama lebih dari 40 tahun dibidang material bangunan memberikan olusi untuk proyek konstruksi kering Anda. PT. Eternik Gresik sangat memuaskan pelanggannya dan mengikuti perkembangan teknologi terkin di pabrik yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Sebuah pabrik baru di karawang, Jawa Barat, yang direncanakan mulai produksi pada akhir  tahun 2014 akan menggunakan eknologi Eropa terkini untuk produksi dan finishing papan serat semen dan hal ini akan menetapkan standard baru untuk papan bangunan berkualitas. Produk – produk PT. Eternik Gresik aman bagi kesehatan, tahan lama, dan berkualitas. Produk – produk PT. Eternit Gresik sudah terkenal akan kekuatan, kelenturan dan kemudahannya untuk dipasang. Produk – produk KALSI dan ETER diproduksi tanpa menggunakan serat asbes. PT. Eternit Gresik adalah perusahaan pertama di Indonesia yang menggunakan eknoog bebas asbes untuk papan bangunan. Produk PT. Eternit Gresik sangat terpercaya, mereka dapat dioong menyesuaikan ukurannya tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga, aman bagi kesehatan penghuni bangunan yang menggunakan KALSI dan ETER  produk – produk Eternit Gresik sangat terpercaya dan dikenal sebaga papan bangunan berkulitas di seluruh Indoesia dan Asia Tenggara. Produk – produk ETER dipakai sebagai atap untuk rumah hunian, industri, dan pertanian. Produk – produk merk KALSI diplikasikan untuk langit-langit, dinding pemisah, dinding luar, listplang, dan lantai. Kantor pusat dan pabrik PT. Eternit Gresik teletak di Gresik – Jawa Timur, tidak jauh dari Surabaya yang merupakan ibukota provinsi Jawa Timur. Aktivitas penjualan di Indonesia dicapai melalui jarigan distributor yang tersebar di tanah air.

1.2              Tujuan penulisan
Tujuan utama dalam penulisan laporan ini adalah sebagai salah satu syarat yang harus diselessaikan sebagai salah satu tugas setelah selesainya kuliah umum yang diadakan oleh KALSI, serta sebagai salah satu bahan penilaian oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan. Dan juga sebagai hasil yang didapat dari kuliah umum tersebut yang berlangsung di Auditorium Politeknik Negeri Pontianak.
























BAB II PEMBAHASAN
·         Kualitas mutu berstandar internasional
Penerapan kesinambunga sitem manajemen dan mutu PT. Etenit Gresik didasarkan pada standar internasional ISO 9001:2008, ISO 14001:2004,  dan OHSAS 18001:2007.
PT. Eternit Gresik selalu mengutamakan kualitas produk dan pelayanan yang terbaik, hal ini diperoleh dengan proses pengawasan yang ketat pada pemilihan bahan baku, proses produksi, peralatan, penyimpanan dan proses pengiriman. Pengalaman lebih dari 40 tahun membuat PT. Eternit Gresik menjadi yang terdepan dan yang terbaik secara nasional maupun internasional dengan dukungn dari perusahaan senior dalam satu grup yang terebar diberbagai negara, serta dukungan dari industri internasional dan lembaga riset ternama yang menjadikan PT. Eternit Gresik di Indonesia selalu memperoleh dukungan teknologi dan sistem terbaru.

·         Papan bangunan dengan konsep hijau
KALSI adalah papan bangunan bebas asbes yang ramah lingkungan. Dan KALSI telah direkomendasikan oleh Green Building Council Indonesia ( GBCI ) sebagai material bahan bangunan hijau, dan telah terdaftar di direktori green listing ang dikeluarkan oleh INIAS Resource center.
Produk KALSI dapat memenuhi kriteia Green Product dan dapat berkontribusi untuk Green Building, berdasar kriteria penilaian sebagai berikut :
1.      MATERIAL ( bahan baku )
2.      DESIGN ( desain produksi )
3.      PRODUCTION ( produksi )
4.      TRANSPORT ( pengiriman )
5.      USE/ REPAIR ( dapat digunakan kembali )
6.      END LIFE ( daur ulang )
·         Instruksi keselamatan dan kesehatan kerja ketika menangani papan fibersemen
1.       Komposisi produk:
Terbuat dari agregat  pasir silika, semen dan serat selulosa
2.      Transportasi dan penyimpanan:
Lindungi lembaran dengan plastik tahan air dan tempatkan pada pelat yang rata
3.      Instruksi dan kesselamatan kerja ketika menangani produk ini:
Produk ini akan menghasilkan debu ketika dipotong, diamplas dan dilubangi, sama halnya dengan bahan bangunan lain seperti keramik, bata, beton, dan lainnya. Menghirup debu yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatan saluran pernapasan. Kaena itu pastikan selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja seperti:
a.menggunakan alat potong khusus yang dapat menyerap debu
b.pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang memmadai
c.hindai kontak dengan mata, kulit dan hidung dengan memakai alat pelindung diri (kacamaa keslamatan, pakaian pelindung dan respirator / masker yag memenuhi standar )
d.bila berada di area kerja yang sangat berdebu pakailah masker tipe P3 atau bila perlu gunakan tabung oksigen eksternal tambahan.

·         Solusi dan manfaat produk KALSI
KALSI dipoduksi dengan teknologi khusus dari pengalaman perusahaan internasional dibaah Etex Group Belgia yang tersebar diseluruh dunia. KALSI diproduksi dengan bahan baku pilihan srta melali proses AUTOCLAVE ( proses pengeringan dengan tekanan dan temperatur tinggi ) untuk mendapatkan hasil produk yang stabil dan tahan lama. KALSI diproduksi tanpa menggunakan jenis asbes apapun ( 100% bebas asbes ).

·         Keuntungan – keuntungan KALSI
1. 100% bebas asbes
2. tahan air
3. tahan rayap
4. tahan api
5. fleksibel
6. variasi ketebalan paling banyak
7. dimensi stabil
8. daya tahan benturan
9. mudah dikerjakan
10. variasi finishing

·         Panduan plafon
1.      KALSIRata 3
KALSIRata 3 adalah papan bangunan dengan ketebalan 3mm, cocok digunakan untuk plafon dalam ruangan, disarankan pengaplikasiannya menggunakan paku KALSINail 3-4.5 pada plafon rangka kayu. Sambungan antar papan sebaiknya dibiarkan terbuka (visible joint). Disarankan untuk tidak menyambung dengan kompon dan tidak disekrup pada rangka metal karena ketebalannya yang hanya 3mm. KALSIRata 3 merupakan solusi ekonomis dan kuat pengganti papan triplek. Selain ekonomis, kuat dan tahan lama, KALSIRata 3 100% bebas asbes.
Ukuran standar KALSIRata 3 :
Berat rata-rata 1 adalah 4.32 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
3.0
1000
1000
4.32
3.0*
500
1000
2.20
3.0
1000
2000
8.64
3.0
500
2000
4.32
*ukuran yang diproduksi berdasarkan pesanan
2.      KALSIBoard Ling 3.5
KALSIBoard Ling 3.5 adalah papan bangunan dengan ketebalan 3.5mm, cocok digunakan untuk plafon dalam ruangan, disarankan pengaplikasiannya menggunakan paku KALSINail 3-4.5 pada plafon rangka kayu. Sambungan antar papan sebaiknya dibiarkan terbuka (visible joint). Disarankan untuk tidak menyambung dengan kompon dan tidak disekrup pada rangka metal karena ketebalannya yang hanya 3.5mm. KALSIBoard Ling 3.5 merupakan solusi ekonomis dan kuat pengganti papan triplek untuk perbaikan plafon dalam bangunan, namun produk ini juga sesuai digunakan untuk pembangunan gedung baru karena kuat dan dapat menghasilkan permukaan yang rata.KALSIBoard Ling 3.5 memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan KALSIRata 3 karena dibuat dengan komposisi bahan baku yang lebih berkualitas.
Ukuran standar KALSIBoard Ling 3.5 :
Berat rata-rata 1 adalah 4.8 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
3.5
1220
2440
14.38
3.5
1200
2400
13.91

3.      KALSIBoard Ling 4.5
KALSIBoard Ling 4.5 adalah papan bangunan dengan ketebalan 4.5mm, cocok digunakan untuk plafon dalam ruangan, disarankan pengaplikasiannya menggunakan paku KALSINail 3-4.5 pada plafon rangka kayu. Sambungan antar papan sebaiknya dibiarkan terbuka (visible joint). Disarankan untuk tidak menyambung dengan kompon dan tidak disekrup pada rangka metal karena ketebalannya yang hanya 4.5mm. KALSIBoard Ling 4.5 adalah produk terbaik dikelasnya. Produk ini diciptakan untuk proyek bangunan baru maupun proyek renovasi yang membutuhkan kualitas penyelesaian akhir yang rapi.
Ukuran standar KALSIBoard Ling 4.5 :




Berat rata-rata 1 adalah 6.3 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
4.5
1220
2440
19.02
4.5
1200
2400
18.40

4.      KALSIBoard Ling 6
KALSIBoard Ling 6 merupakan papan plafon yang terbaik. Dengan ketebalan 6mm sangat cocok unuk plafon interior maupun exterior (soffit). Daya tahan KALSIBoard Ling 6 adalah yang terbaik dipasaran dan solusi tepat untuk aplikasi plafon terbaik.KalsiBoard Ling 6 akan menghasilkan plafon yang rata sempurna dengan sistem sambungan tertutup (flush joint). Untuk menghasikan sambungan yang sempurna, gunakan KALSIkompon IN-F dan KALSITape FG-50.
Ukuran standar KALSIBoard Ling 6 :
Berat rata-rata 1 adalah 8.51 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
6
1220
2440
25.36
6
1200
2400
24.54
6*
1200
2700
27.60
6
1220
3000
30.67
*ukuran yang diproduksi berdasarkan pesanan
·         Panduan partisi
1.      KALSIPart 8
KALSIPart 8 adalah papan untuk aplikasi dinding dalam / partisi dengan ketebalan 8mm. Sambungan antara KALSIPart 8 diaplikasikan dengan sistem sambungan terbuka atau sambungan tertutup dengan menggunakan KALSIKompon IN-F dan KALSITape FG-50. Sistem partisi KALSIPart 8 adalah sistem partisi yang memiliki kualitas yang tinggi dan kokoh karena telah lulus uji tes laboratorium berstandar internasioal untuk performa akustik, kekuatan mekanis, dan ketahanan akan api.
Ukuran standar KALSIPart 8 :
Berat rata-rata 1 adalah 11.68 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
8
1220
2440
34.77
8
1200
2400
33.64
8*
1200
2700
37.80
8
1220
3000
42.05
*ukuran yang diproduksi berdasarkan pesanan

2.      KALSIPart 8-R2 dan KALSIPart 8-R4
KALSIPart 8-R2 adalah papan untuk aplikasi dinding dalam / partisi dengan ketebalan 8mm, yang memiliki recesssed dikedua sisi panjangnya sedangkan KALSIPart 8-R4 memiliki recessed dikeempat sisinya. Keuntunan dari KALSIPart 8 yang memiliki recessed adalah mampu memberikan hasil yang lebih kuat dan sempurna pada sambungan antar papan bila dikombinasikan dengan rangka KALSIFrame MT-51 dan KALSIFrame MS-51 yang diikat dengan KALSIScrew PC serta dilekatkan dengan KALSITape FG-50 dan KALSKompon IN-F.
·         Panduan siding plank
1.      KALSIPlank 8
KALSIPlank 8 adalah papan untuk aplikasi dinding papan sirip (siding plank) dan listplank dengan ketebalan 8mm, yang digunakan untuk dekorasi dan melindungi bangunan bagian luar serta dapat digunakan juga untuk dinding dalam. Untuk penyelesaian akhir gunakan produk cat yang sesuai.KALSIPlank 8 dapat dipasang dengan mudah pada rangka metal atau rangka kayu. Untuk mencegah agar air tidak masuk ke bagian belakang papan mohon mengikuti petunjuk pemasangan dengan benar.
Ukuran standar KALSIPlank 8 :


Berat rata-rata 1 adalah 11.67 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
8*
200
2400
5.61
8
200
3000
7.01
8
300
2400
8.41
8
300
3000
10.51
*ukuran yang diproduksi berdasarkan pesanan

2.      KALSIPlank 8 – Jati
KALSIPlank 8 jati adalah papan dekoratif untuk pelapis dinding luar dengan ketebalan 8mm dan bertekstur kayu sebagai lapisan dinding luar dan dekorasi dinding dalam. Untuk penyelesaian akhir gunakan produk cat yang sesuai. KALSIPlank 8 jati dapat dipasang dengan mudah pada rangka metal atau rangka kayu. Untuk mencegah agar air tidak masuk ke bagian belakang papan mohon mengikuti petunjuk pemasangan dengan benar.
Ukuran standar KALSIPlank 8 :
Berat rata-rata 1 adalah 11.67 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
8
200
2400
5.61
8
200
3000
7.01
8
300
3000
10.51

·         Panduan dinding luar
1.       KALSIClad 10
KALSIClad 10 adalah papan dengan ketebalan 10mm, cocok untuk dipergunakan sebagai dinding luar. KALSIClad10 sebaiknya dipasang pada rangka baja yang sesuai. Parameter seperti beban angin, beban mati, tinggi gedung dan tingkat resiko gempa perlu diperhitungkan dengan seksama. Pada saat memasang papan dinding luar, sambungan bisa dibiarkan terbuka (visible joint) atau tertutup (flush joint) dengan menggunakan sealant khusus untuk menahan perubahan cuaca dan pergerakan kelembaban.
Ukuran standar KALSIClad 10 :
Berat rata-rata 1 adalah 14.60 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
10
1220
2440
43.46
10
1200
2400
42.05
10*
1200
2700
47.30
10*
1200
3000
52.60
*ukuran yang diproduksi berdasarkan pesanan

2.      KALSIClad 12
KALSIClad 12 adalah papan dengan ketebalan 12mm, cocok untuk dipergunakan sebagai dinding luar, KALSIClad 12 berbeda dari KALSIClad 10 karena lebih tebal sehingga lebih kuat dan tahan benturan. KALSIClad12 sebaiknya dipasang pada rangka baja yang sesuai. Parameter seperti beban angin, beban mati, tinggi gedung dan tingkat resiko gempa perlu diperhitungkan dengan seksama. Pada saat memasang papan dinding luar, sambungan bisa dibiarkan terbuka (visible joint) atau tertutup (flush joint) dengan menggunakan sealant khusus untuk menahan perubahan cuaca dan pergerakan kelembaban.
Ukuran standar KALSIClad 12 :
Berat rata-rata 1 adalah 17.51 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
12
1220
2440
52.15
12
1200
2400
50.46
12*
1200
2700
56.80
12*
1200
3000
63.10
*ukuran yang diproduksi berdasarkan pesanan



·         Panduan lantai
1.      KALSIFloor 20
KALSIFloor 20 adalah papan penutup lantai dengan ketebalan 20mm yang digunakan untuk aplikasi ruang dalam pada rumah, apartemen dan bangunan-bangunan umum dengan beban yang besar. KALSIFloor 20 diaplikasikan dengan memasang sekrup KALSIScrew FL pada rangka baja, KALSIFloor 20 dapat digunakan untuk mezzanine, ruangan tambahan dan lain-lain dengan persiapan konstruksi yang lebih cepat.
Keuntungannya adalah beban struktur lebih ringan, sistem pemaangan mudah, bersih , fleksibel dan tahan terhadap gempa. Jika digunakan untuk lantai dengan beban besar, KALSIFloor 20 harus dilapisi dengan adukan semen dan kawat ayam sebelum ditutup dengan keramik, karpt lantai vinyl, parket agar tidak terjadi gesekan dan benturan.
Ukuran standar KALSIFloor 20 :
Berat rata-rata 1 adalah 29.20 kg
Tebal (mm)
Lebar (mm)
Panjang (mm)
Berat (kg)
20
1200
2400
84.10














BAB III PENUTUP
3.1           KESIMPULAN
KALSI merupakan produk yang paling lengkap menyediakan bahan-bahan bangunan yang berkualitas tinggi, mulai dari plafon, partisi, dinding, siding plank dan lantai. Selain ekonomis, KALSI juga bebas asbes, tahan rayap dan tahan air. KALSI juga dapat meminimalisir waktu pengerjaan dibanding bahan yang lain, artinya bisa mengurangi biaya produksi suatu bangunan dan juga hasil yang sempurna.
3.2           SARAN
Sebaiknya gunakan produk-produk KALSI, karena telah teruji secara nasional maupun internasioanal dan telah memiliki sertifikat ISO yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun.

















3 komentar:

  1. untuk order k_part8R4 project bandung agen atau distributornya dimana & no telp terima kasih

    BalasHapus
  2. untuk order k_part8R4 project bandung agen atau distributornya dimana & no telp terima kasih

    BalasHapus
  3. How to play slots and get your free spins with the $1 casino no deposit bonus
    How to 벳 365 우회 접속 play slots and get your free 바카라 사이트 주소 spins with the $1 casino no deposit bonus. Read our guide about playing slots sbobet and get your free 텐뱃 spins 블랙잭 with the

    BalasHapus